Friday, November 17, 2006

Baca Ayat Alkitab dari Ponsel

Dulu saya sering bermimpi dapat membaca Alkitab melalui ponsel saat kebaktian atau persekutuan. Menyenangkan rasanya bisa membuka ayat yang diinginkan dengan cepat dan tidak perlu lagi menenteng buku Alkitab yang besar itu. Dan terima kasih kepada teknologi yang telah mampu mewujudkan mimpi tersebut. Membaca Alkitab kini juga dapat dilakukan melalui ponsel. Selain melalui komputer yang sudah ada sejak zaman dulu.

Caranya ada dua. Bisa dengan membuka situs Alkitab baik wap atau www. Bisa juga melalui program Alkitab yang khusus dibuat untuk ponsel. Hanya saja tidak semua ponsel dapat digunakan untuk membaca Alkitab.

Situs Alkitab

Untuk dapat membuka situs Alkitab, tentu saja ponsel tersebut harus mendukung GPRS. Sebenarnya bila ponsel hanya mendukung teknologi CSD pun masih bisa tapi hanya sedikit operator yang saat ini masih mendukung akses internet melalui CSD. Selain itu, biaya online GPRS juga lebih murah dibandingkan melalui CSD.

Selain situs wap, situs www yang bisa dibuka melalui komputer pun juga bisa diakses melalui ponsel. Namun tentu saja tampilannya tidaklah serapi kalau menggunakan komputer. Selain itu semakin berat situs tersebut, pulsapun juga akan semakin banyak yang terkuras. Bila browser bawaan ponsel tidak dapat digunakan untuk membuka situs www, gunakan program tambahan seperti Opera Mini (www.opera-mini.com).

Berikut beberapa Situs Alkitab baik versi www maupun wap.

Program Alkitab

Sedangkan persyaratan mutlak agar untuk mengakses internet melalui program ialah dukungan terhadap teknologi yang diisyaratkan oleh program yang hendak dipakai. Bila program tersebut khusus untuk Java maka ponsel yang akan dipakai harus mendukung teknologi Java. Dan bila program tersebut ditujukan untuk Symbian, maka program tersebut hanya mau jalan pada ponsel yang memiliki sistem operasi Symbian. Program untuk Java biasanya berakhiran .jar sedangkan untuk Symbian berakhiran .sis

Faktor penting lainnya yang tidak boleh diabaikan ialah kapasitas memori ponsel yang cukup untuk menampung program tersebut. Memori tersebut bisa berupa memori internal dari dalam ponsel atau memori external yaitu kartu memori (MMC, Stick Duo, Micro SD, dll).

Untuk mendapatkannya bisa langsung mengunduh dari ponsel, unduh ke komputer terlebih dahulu, atau minta teman yang sudah memiliki program ini untuk transfer ke ponsel kita. Bisa menggunakan IrDA atau Bluetooth. Untuk memindahkan program dari komputer ke ponsel bisa menggunakan IrDA, Bluetooth, kabel usb, atau menggunakankan card reader.

Beberapa program tersebut antara lain:

20 comments:

  1. Thanks ya buat infonya. Aku juga nyari2 software alkitab versi javanya. Trus gw dapet dari go-bible.com :)

    ReplyDelete
  2. Sama-sama. Alkitabnya berhasil di instal kan>

    ReplyDelete
  3. Trims info bible utk ponsel tapi setelah diinstal saya gak bisa scroll up and down dan gak bisa cari kitab dng pasal ayat tertentu. Hp saya Motorola A1200 touch screen gak ada keypad ( smartphone ). Mohon bantuannya ya, thanks sebelumnya....

    ReplyDelete
  4. Halo Minto,
    Boleh tahu Anda install program apa. Java atau yang lain...

    ReplyDelete
  5. bolehkah saya diemail software alkitab untuk N6600? dan cara menginstalnya? soalnya, saya sdh coba instal tp tdk berhasil..
    thx

    ReplyDelete
  6. Hi David,
    Boleh tahu kamu pakai program yang mana?

    ReplyDelete
  7. gmn y cranya install d LG KG300?Truz pke software yang mana y?

    ReplyDelete
  8. Pakai yang Go-Bible juga bisa, kan KG300 sudah mendukung Java

    ReplyDelete
  9. Terima kasih..saya sangat diberkati dengan adanya alkitab mobile dari Go bible...Bahkan beberapa saudara dan teman juga sudah menginstall ke hp masing-masing..

    ReplyDelete
  10. halo pencinta Alkitab/bible Hp:D
    *ada banyak kasus disetiap ponsel merk apapun terutama nokia jika di instal prog.alkitab maka akan terjadi memori tidak cukup/tdk bisa di instal!
    -itu dikarenakan RAM pada ponsel tsb hanya memiliki 1MB (OS JAVA)saja dan program alkitab yg harus di instal harus lebih kecil memorinya dari memori Hp tsb.
    -dan bagi ponsel yg ber memori RAM lebih besar dari pada 1MB lebih itu (OS Symbian)bisa diinstal prog.alkitab one for all, maksudnya adalah 1program alkitab sdh memborong semua pasal2 di alkitab dari perj.baru&lama.
    anda bisa menanyakan berapa kapasitas RAM hp anda memalui dialer2 ponsel di mana anda membelinya!
    *Pd umumnya ponsel ber OS="Operation System" JAVA Memori hanya 1MB saja tetapi yg ber OS Symbian itu bisah lebih dari 1MB.
    *Ponsel berbasis OS JAVA hanya bisa diinstal program ber format JAR dan ponsel berbasis OS Symbian bisa diinstal program yg berformat Sys dan JAR.
    GBU
    -Al16
    gamemania030@yahoo.com

    ReplyDelete
  11. Aku juga mengalami masalah yg mungkin mirip dgn Sdr.Minto, HP saya mendukung JAVA 2.0 tapi full touchscreen (tanpa keypad).
    Sehingga bisa terinstall tetapi tidak bisa scroll up/down dan tidak bisa input search ayat lainnya.
    Apa ada versi bible.jar yg support full touch screen? Mohon pencerahannya....... thx thx

    ReplyDelete
  12. GoBible Alkitab Indonesia Terbaru:
    - Teks PL diambil dari Terjemahan Baru LAI 1974
    - Teks PB diambil dari Terjemahan Baru EDISI 2 LAI 1997
    - Dilengkapi dengan PERIKOP
    - Teks diimport dari Alkitab Elektronik 2.0.0 LAI,
    dijamin lebih akurat.

    Informasi lebih lengkap untuk download dsb:
    http://easysby.multiply.com/journal

    Versi lain yang sudah tersedia:
    - FAYH (Firman Allah Yang Hidup, Kalam Hidup)
    - Voice of Wilderness
    - The Message
    - Amplified Bible
    - Versi gabungan 2-3 versi, 1-2 bahasa.
    - Dll.

    ReplyDelete
  13. mas tolong saya kesulitan mencari dan menginstal program alkitab untuk Nokia E90 Communicator, tolong diperjelas tahapannya ya (soalnya saya coba gagal trus)
    trims sblumnya....
    GBU

    ReplyDelete
  14. thanks before...
    tapi ngomong2 nie saya mau instal aplikasi Alkitab go-bible di hp temen saya dengan merk D-ONE DG-618
    koq ga bisa???
    soalnya saya tidak tau hp itu dukung Java ato ga.... tolong dunx mas q dibantu
    GBU.......

    ReplyDelete
  15. it's a nice thing to have such a technology like a mobile bible. I use go bible and kjv on my mobile. Tapi pergi ke gereja / persekutuan sambil membawa (big old) bible bisa menjadi kesaksian bagi orang lain bahwa kita mo ibadah. Jadi orang lain bisa melihat "ooo... begini to orang nasrani itu"

    ReplyDelete
  16. Saya mau download alkitab di HP Nokia seri 6300. Tapi sy belum bisa berhasil. Apakan teman2 ada yg bisa bantu sy lewat email ? Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  17. gan... ane cari alkitab buat nexian G965 ada gak?cos nanggung banget hapenya... touchscreen tapi bukan android... nyari appnya susah...
    My Blogs Day.

    ReplyDelete
  18. Pakai go bible mas, tapi emang masih tetap pakai scroll pad :)

    ReplyDelete
  19. wah, ternyata banyak yg komentarnya sama kayak saya. Saya pakai hp full touchscreen tanpa tombol navigasi apapun. Bisa terinstall tapi nggak bisa scroll. Saya sudah search di mana-mana gak dapat2 juga.. hiks...hiks

    ReplyDelete
  20. Numpang lewat aja gan..makasih

    ReplyDelete