Friday, July 27, 2007

Bagi Pengalaman seputar Adsense

Keikutsertaan saya di Google Adsense memang terbilang sudah cukup usur. Saya gabung Adsense sekitar pertengahan tahun 2003. Kalau tidak salah ini awal berdirinya Google Adsense. Namun demikian penghasilan saya masih jauh dari lumayan. Dulu selama 2 tahun hanya dapat kiriman uang 3 kali. Itupun yang pertama dikasih bonus oleh Google sebab di akhir tahun 2004 mereka akan mengirimkan uang pembayaran ke semua anggota meskipun uangnya tidak lebih dari $ 100, sebagai batas minimal pengiriman uang.

Setelah itu pendapatan $ 0 tiap hari sudah tidak dapat dihitung dengan jari, alias selalu ada. Kurangnya tekad untuk mengembangkan web menjadi salah satu penyebabnya, walaupun sebenarnya aku bisa mendapatkan akses internet gratis. Tapi ya itu males...

Sampai akhirnya pada akhir tahun 2006 aku coba untuk merangkak dari bawah lagi. Tidak masalah bagiku, daripada menyia-nyiakan kesempatan yang ada.

Waktu itu aku awali dengan membuat blog di Blogspot tentang Adsense. Kenapa aku pilih Blogspot karena blog ini telah dibeli oleh Google dan menyediakan fasilitas Adsense di blognya. Alasan lainnya memilih blog karena gratis. Aku masih enggan menggeluarkan uang untuk membeli domain dan hosting, walupun sebenarnya membuat website sendiri bukan hal sukar bagiku. Bukan nyombong lho hehe. Aku justru pengen membuktikan bahwa dengan blog gratisan aku bisa menghasilkan banyak uang dari Adsense.

Sedangkan artikelnya aku ambil dari situs lain. Sebenarnya hal ini tidak disarankan oleh para master Adsense, tapi mau bagaimana lagi Aku gak begitu bagus dalam berbahasa Inggris jadi agak kesulitan untuk menulis artikel sendiri. Sambil jalan aku berusaha untuk menulis artikel sendiri walau tata bahasanya belepotan hehe.

Setelah aku jejali beberapa artikel dan kupromosikan sana sini, akhirnya blog tersebut kupasangi script Adsense. Tapi tidak berhenti sampai di situ aku masih buat dua blog lagi dan terus promosikan blog-blog tersebut untuk dapat menarik banyak pengunjung.

Beberapa minggu kemudian mulailah menunjukkan hasil, walau kalau di rata-rata belum sampai $ 1 perhari tapi bagiku sudah menunjukkan kemajuan, dan beberapa bulan kemudian aku mendapatkan selember cek dari Google. Hore...

Tapi lagi-lagi semangatku padam dan membiarkan blog-blog tersebut terbengkalai. Hanya di-update bila ada perlu saja. Untunglah aku segera tersadar, kok puitis banget yo hehe. Segera aku benahi blog-blog tersebut dan mulai terbesit ide untuk membentuk blog baru. Ke depannya aku mau merapikan jadwal kerjaku bersama dengan Adsense agar bisa lebih fokus sehingga bisa mendapatkan hasil maksimal.

Dari belajar sana sini ada beberapa poin penting yang ingin kubagikan berkaitan dengan mencari uang melalui Adsense.

1. Tidak ada yang instan, uang dari Adsense tidak bisa begitu saja datang harus ada kerja keras.
2. Jangan membeli buku yang isinya cara untuk meraih uang melalui Adsense dengan cepat. Utamakan kerja keras dengan benar.
3. Bergabung dengan forum Adsense, dapat menambah wawasan Anda tentang Adsense.
4. Perlakukan Adsense seperti halnya kerja Anda, tentukan rencana dan target yang ingin diraih.

Akhirnya yang paling penting ialah niat, usaha, dan doa. Semoga Anda lebih berhasil dari saya sehingga saya termotivasi dengan keberhasilan Anda hehe

7 comments:

  1. Wah, bagus nih trims atas bagi-bagi pengalamannya! Emang nggak ada yang instant. Selama ngeblog sampai sekarang masih belum cair (4 Bln), baru dapet amplop PIN aja. Salahnya dimana ya? Pa saya kurang promosi? Ato kurang targeted? Pdhl dapat PR lumayan.

    ReplyDelete
  2. Berarti udah dikirimi check ya? Tapi belum cair? Coba check lagi ke tempat pencairan check. Promosi emang sangat di perlukan kok. Itu senjata saya selain update isi hehe

    ReplyDelete
  3. saya sudah bergabung dengan adsense selama sebulan ini, tapi pendapatan saya baru $2.89...dan iklan selalu saja hilang ga muncul sama sekali,knp yach, jadi dengan terpaksa saya membuat banyak konten, alhasil banyak konten yang nganggur..apakah nanti bermasalah dengan banyak konten yang nganggur?
    ini blogku : www.mr-ozay.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. gwa setuju sama point 1, kerja keras, tapi gwa dah kerja keras banget nih, tapi adsense gwa udah sebulan baru $0,43 :(

    ReplyDelete
  5. Boleh saya tahu kenapa saya tidak punya adsense for content, ya. Setiap saya buka blog adsense saya, yang munculhanyaadsensen for search dan adsense for feed. Kenapa tidak ada adsense for content bagaimana agar muncul adsense for contentnya?. Terima kasih.

    ReplyDelete
  6. betul nih pengalaman ane jg mirip males update maklum masi awal2 hehe, tapi td aku baru dapet pin dari google dikirim lewat pos jd semangat lagi mas coba kalo cek hehehe,,, kalo bole tau harus punya brpa blog ya mas biar bisa cepet dikirimin cek?? makasi ya mas nice info!

    ReplyDelete
  7. artikel yang menarik.....

    ReplyDelete