Thursday, November 22, 2007

Update Firmware Siemens M55 Menggunakan Winswup

* Catatan:
1. Walaupun proses update ini telah sukses saya coba, namun saya tidak bertanggung jawab bila ada resiko kerusakan setelah melakukan proses di bawah ini. Resiko ditanggung sendiri!!
2. Cara ini berlaku umum untuk sebagian besar ponsel Siemens lainnya

Salah satu kehebatan ponsel Siemens ialah kemampuan mengupdate firmware oleh penggunanya secara langsung baik yang resmi maupun tidak. Dengan mengupdate firmware ponsel maka kita bisa mendapatkan software yang seharusnya lebih stabil alias lebih baik dibanding software sebelumnya. Bisa juga kita mendapatkan menu baru dari firmware baru tersebut.

Nah, Siemens M55 pun firmwarenya juga bisa kamu update sendiri. Caranya cukup mudah kok yang penting baca tutorial ini baik-baik. Sebelum mengupdate cek dulu versi firmware Siemens M55 mu. Caranya ketik *#06# lalu klik info. Nah di situ akan terlihat informasi SW-Version. Kalau tertulis SW-Version: 91 maka Siemens M55 mu tidak perlu di-update karena ini adalah firmware versi terakhir. Tentu saja tidak ada yang lebih bagus lagi dibandingkan versi tersebut hehe.

Firmware yang digunakan versi Winswup; firmware update yang digunakan oleh internal Siemens dengan tampilan yang masih manual dan memerlukan pengetahuan khusus dalam menggunaannya. Berbeda dengan firmware resmi yang bila sudah diupgrade versinya tidak dapat diturunkan lagi, dengan winsup kita dapat menurunkan versi, selama ponsel masih support

Perlengkapan Untuk Mulai

1. Siemens M55 dalam kondisi baterai full
2. Kabel data DCA 510
Kalau beli bilang ke penjualnya kabel flasher untuk Siemens M55, pilih yang model Com
3. Firmware yang ingin di-update-kan
Cari di: http://eh.student.utwente.nl/~landy/
Username: mobile
Password: elibom
Terus masuk bagian M55 dan download firmware yang diinginkan. Untuk mengetahui versi firmware perhatikan 2 digit kode di depan sedangkan digit selanjutnya merupakan kode bahasa. Sedangkan 4 digit selanjutnya menunjukkan bahasa yang digunakan. Misalnya: M55_910707.zip menunjulkan Firmware M55 SW Version: 91 dan menyediakan bahasa Indonesia

4. Komputer dengan sistem Windows 95 keatas.
5. Doa jangan lupa :)

Langkah Memulai

1. Sambungkan kabel data dengan komputer dan ponsel Siemens M55.
2. Jalankan Winswup.
3. Klik menu Serial Config, tentukan Baudnya 115200, terus pilih COM nya. Untuk mengetahui COM yang kosong klik Check Avail. Setelah itu klik OK.
4. Klik start pada Winswup.
5. Ponsel otomatis akan mati sendiri setelah itu Winswup akan menampilkan proses update ponsel. Tunggu sampai selesai. Usahakan proses update tidak berhenti ditengah jalan entah itu karena mati lampu, restart atau kabel sengaja dicabut hehe



Jika karena lain dan satu hal ponsel tidak dapat dinyalakan atau memang ingin update ponsel dengan kondisi ponsel mati maka untuk update firmware cek Skip pada Pre-Check dan Post-Check (klik OK jika muncul warning) di Winswup. Dan matikan ponsel sebelum diupdate.



Setelah selesai, silakan cabut kabel data dari ponsel lalu cek firmware dan rasakan perbedaannya. :)

Selamat mencoba :)

1 comment:

  1. salam kenal bung Har, sy Yogi di seputaran solo juga. Sy penggemar ponsel siemens juga nih, mo nanya ada gak yang jual kabel data dca510/kompatibel di solo. kl ada tolong dong infonya ke mumun_iput@yahoo.co.id.
    Sekedar info coba masuk ke www.siemensxp.com forum komunitas siemensfreak indonesia.

    ReplyDelete