Thursday, December 20, 2007

Bagaimana Mempromosikan Situs/Blog

Salah satu cara untuk menarik banyak pengunjung tentu saja dengan mempromosikannya. Promosi ini bisa melalui pendekatan personal (dari mulut ke mulut, atau melalui email namun yang bersifat personal) atau cara yang umum. Pasang link di suatu tempat dan biarkan orang lain mengetahuinya. Selain promosi melalui direktori atau search engine, berikut beberapa cara promosi situs:

Sebagai Signature

Bila kamu bergabung dengan milis atau forum diskusi dan aktif di sana, pasang saja situs kamu sebagai signature sehingga orang bisa melihat situs kamu. Cara ini tentu lebih baik dibandingkan langsung posting situs kamu ke forum atau milis yang bersangkutan. Kalau salah ruang bisa-bisa kenggotaanmu di ban alias di tendang.

Social Bookmarks

Apa sih social bookmarks itu? Social Bookmark merupakan bookmark (situs yang dikoleksi) dan dapat dibagikan kepada anggota yang lain atau secara umum. Jadi ketika kamu menyimpan sebuah situs, alamat situs itu juga bisa kamu tandai public. Artinya orang lain juga bisa melihat situs tersebut.

Enaknya beberapa Social Bookmark menyediakan fasilitas bookmarklet yang akan mempermudah kamu menyimpan sebuah situs. Fasilitas ini cukup kamu drag pada bookmark browser. Untuk menggunakannya cukup klik bookmark tersebut.

Beberapa Social Bookmarks antara lain:
* Furl
* del.icio.us
* digg
* Stumble Upon

Buat artikel dan kasih link

Misalnya kamu menjawab postingan di sebuah forum diskusi, dan jawaban tersebut ada hubungannya dengan salah satu atau seluruh bagian situsmu, kenapa tidak di link saja ke situsmu. Yang di link tidak harus semua, atau menambahkan kata untuk lengkapnya klik di sini. Tetapi bisa dengan me-link kata tertentu yang berhubungan dengan situs kamu.

Contohnya:
Bagiku Siemens emang merupakan ponsel favoritku sejak jama doeloe


Komentar di Blog

Cari aja blog yang memiliki postingan sesuai dengan tema situs atau blog kamu terus posting komentar kamu. Selain harus memasukkan nama dan email, biasanya kalau posting komentar ada kolom alamat situs, nah itu kan bisa dipakai untuk promosi blog. Atau sekalian aja alamat situs dimasukkan di bagian komentar.

Bila kamu peduli dengan ranking di Google maka carilah komentar yang fasilitas linknya tidak memiliki nofollow. Contohnya

<a href="http://hardhono.blogspot.com rel="nofollow">Hardhono</a>


Tanda nofollow tersebut mengakibatkan link situs kamu tidak akan diindex (diperhitungkan) oleh Google. Padahal rangking suatu situs di Google antara lain ditentukan oleh banyaknya web yang ngelink ke situs kita. Tapi kalau kamu tidak peduli dengan hal itu, yang penting banyak pengunjung ya abaikan saja hal tersebut.

Selamat mencoba!

9 comments:

  1. pagi mas hardhono...

    aku terus terang tertarik dengan promosi lewat bookmark ini, tapi jujur aja aku masih kesulitan...

    kalo mas hardhono ga keberatan, bisa ga kasih sample aja, tentunya step by step dong hehe..

    makasih..

    ReplyDelete
  2. bingung mas

    ReplyDelete
  3. ndak ada bocorannya pak.

    ReplyDelete
  4. wah kalo gitu saya mo promosiin blog saya ini. Makasih bro (walaupun ga nyambung ama topiknya wekekek)

    ReplyDelete
  5. Aku mau promosi DISINI !!

    ReplyDelete
  6. GKJ Manahan sebaiknya dibuatkan blog, biar jemaat yang di luar kota bisa saling berinteraksi.

    ReplyDelete
  7. Hehehe, thanks mas ... boleh dong saya promosikan situs saya http://dewa-iklan.com, sekali lagi terima kasih atas masukkannya.

    ReplyDelete