Tuesday, February 24, 2009

Membaca Report Pada Google Adsense

Saat login di Google Adsense, Anda akan mendapatkan laporan (report) tentang penghasilan Anda. Defaultnya laporan perolehan hari ini. Namun, Anda juga dapat menampilkan laporan sesuai dengan rentang waktu yang Anda pilih.

Di laporan tersebut terdapat 5 hal yaitu: Page Impressions, Clicks, Page CTR, Page e-CPM, dan Earnings. Sebagai catatan kelima hal ini muncul jika Anda memilih Inggris sebagai default bahasa akun Google Adsense Anda. Di bahasa Indonesia mungkin kata-katanya lain. Tapi pengertiannya sama kok.

Terus apa makna setiap bagian tersebut bagi kita? OK mari kita bahas satu persatu

Page Impressions
Merupakan jumlah berapa kali iklan Adsense muncul. Kalau sebuah halaman di pasangi 3 iklan adsense dan dikunjungi sebanyak 10 kali maka page impressionsnya ialah 3x10 = 30. Jadi page impressions beda dengan page view sebuah website.

Clicks
Sederhana saja, ini menunjukkan berapa kali iklan adsense di klik.

Page CTR
Kepanjangannya ialah Rage Click-thru Rate. Artinya prosentase dari jumlah klik dibagi dengan jumlah impresi. Sebagai contoh kalau impresinya sebanyak 1000 sedangkan kliknya sebanyak 27 maka Page CTRnya ialah (27 x 100%) : 1000 = 2,7%.

Page eCPM
Kepanjangannya effective cost per thousand (M = mill = thousand in Latin) atau harga per 1000 impresi. Rumus yang digunakan untuk menghitung eCPM ialah penghasilan/impresi kalikan dengan 1000. Sebagai contoh bila penghasilanmu ialah $1 dengan 100 impresi maka eCPMnya ialah 1/100 x 1000 = $10.

Earnings
Apalagi kalau bukan penghasilan.

Lalu apa makna dari setiap informasi tersebut?

Tentu saja jumlah penghasilan Adsense kamu akan ditentukan oleh jumlah orang yang mengiklik iklan Adsense. Namun jangan salah, bila jumlah klik besarnya hampir separo atau bahkan mendekati jumlah impresi bisa-bisa Google akan menendang keanggotaan kamu dari Adsense. Kenapa? Karena mereka akan menyangka kamu melakukan click sendiri atau cara curang lainnya untuk mendapatkan uang melalui Adsense?

Nah untuk menaikkan jumlah klik maka jumlah impresi juga harus ikut dinaikkan. Caranya tentu saja dengan promosi.

Jangan harap meraih penghasilan $10 perhari jika page impresinya cuma 100. Kecuali situs Anda memiliki keyword dengan harga yang tinggi atau Anda bermain curang hehe.

Nah kalau page impresinya sudah tinggi tapi penghasilan masih pas-pasan, yang ngeklik masih sedikit maka perlu dilihat page CTRnya. Ingat pengertian page CTR. Kalau page CTRnya kurang dari 1% maka page CTRnya perlu diperbaiki. Caranya dengan membuat tampilan iklan Adsense seolah-olah merupakan bagian situs dan isinya juga harus sesuai dengan isi situs tersebut

Semoga postingan ini bisa membantu Anda.

18 comments:

  1. wah terima kasih mas ini sangat membantu, sedikit mau berkonsultasi :
    kalau begini gimana nih mas
    page impresion 250
    click 1
    CTR 0.39
    eCPM 5.84
    Earnings 1.49

    Ini ada yang salah ga mas?

    saya juga
    pernah 1 click cuma 0.01 ini ada yang salah ga?

    ReplyDelete
  2. Hi, I Saw Your Link in Bing.com I Love Your Blogs Kindly See my Link
    Here a New Alternative Money Making Ad Network adsense here

    ReplyDelete
  3. Hi, Some one from facebook refereed your link i have book marked it nice blogs you write see Free Ezine Article here

    ReplyDelete
  4. Hi, I Saw Your Link in Bing.com I Love Your Blogs Kindly See my Link Here a New Alternative Money Making Network min payout of $10 only adsense here

    ReplyDelete
  5. I search on google and find no solutions about this. Almost every wordpress user who face problem like me said that the problem is on WP Hive. The conclusion WP-Hive is incotimple with Wordpress 3.1
    __________
    mamata

    ReplyDelete
  6. Pada laporan earning and change kadang-kadang ada tulisan -0,37(-94%) berwarna merah. Maksudnya apa yang Gan ?

    ReplyDelete
  7. aduh.. ga aja ga trima trima mas :(

    ReplyDelete
  8. google sering banget yak nge banned :(

    ReplyDelete
  9. Hoalahh, semua angka di akun ads ku msh kecil".. tpi seenggaknya jd tau krna artikel ini. Makasih ya mas informasinya

    ReplyDelete
  10. makasi wejangannya mas bro... salam kenal

    ReplyDelete
  11. Bagaimana cara mengetahui CPC iklan yang tinggi dan rendah?

    ReplyDelete
  12. makasih mas sharingnya, kebetulan blog saya ga di terima2 akhirnya nyambungin ke channel yt aja hehe..

    ReplyDelete
  13. Thanks artikelnya mas, saya baru saja memulai adsense

    ReplyDelete
  14. gan tolong dong cara daftar adsense lengkap

    ReplyDelete
  15. sip gan saya lagi belajar adsense

    ReplyDelete