Wednesday, December 21, 2011

Seorang Full Timer Blogger juga Perlu Berkerja Keras

Secara ringkas seseorang yang mengaku dirinya sebagai seorang fulltimer blogger akan mendedikasikan waktu kerjanya untuk ngeblog; dengan kata lain pekerjaan orang itu ialah ngeblog. Kelihatannya sih mudah, apalagi kalau dia seseorang yang memiliki bakat menulis. Tapi tunggu dulu pekerjaan ini kelihatannya saja mudah namun kenyataannya tidak kalah repot dengan pegawai kantoran lainnya. Lho kok bisa?

Coba bayangkan, selain menulis, dia juga harus promosi agar blognya terkenal. Nah, tulisan tersebut tidak boleh asal-asalan. Ingat pembaca adalah raja. Jika mereka menemukan tulisan di sebuah blog yang kelihatan asal dibuat maka bisa dipastikan orang tersebut enggan kembali lagi. Sebaliknya kalau informasi yang ada sangat bernilai dan tulisannya enak dibaca maka ia dengan sukarela akan kembali lagi. Nah, untuk membuat tulisan yang bernilai tentu saja memerlukan suatu riset. Sedangkan untuk menghasilkan tulisan yang enak dibaca diperlukan latihan yang terus menerus; selain tentunya belajar untuk menulis.

Tantangan berikutnya yang harus ditaklukkan oleh seorang blogger adalah ide. Ide tersebut bukanlah sembarang ide, melainkan haruslah sesuatu yang unik dan kemungkinan banyak orang yang mencarinya. Mencari ide seperti ini akan lebih mudah bila blog yang dimiliki memiliki tema khusus yang dikuasai oleh blogger. Namun sebaliknya bila blog yang dikelola memiliki tema yang umum maka sudah dipastikan sang blogger akan lebih pusing dalam menemukan ide :) Ide tersebut diusahakan merupakan informasi sesuatu yang dicari oleh masyarakat dan jarang ada yang membahasnya. Nah, disitulah letak kesulitan menemukan ide.

Jika tulisan sudah di posting maka blogger juga dituntut untuk mempromosikan blognya. Hal ini bisa dilakukan dengan memasukkan ke situs jejaring sosial, jalan-jalan ke blog orang lain, atau yang paling brutal ialah dengan spam di forum, milis, atau blog orang lain. Nah, hal ini juga perlu kerja keras, kecuali bila menggunakan teknik cara-cara hitam SEO :)

Kesemuanya itu tidak mungkin dapat terlaksana bila seorang blogger tidak membuat perencanaa yang matang mengenai hal-hal apa saja yang akan dikerjakan hari ini. Hanya duduk di depan komputer justru akan membuat seorang blogger lebih banyak 'bermain' tanpa menghasilkan apa-apa. Sebaliknya sebuah perencanaan akan mampu menjadi 'peta' bagi seorang blogger ketika dia berada di depan komputer.

Jadi bagi Anda yang mendedikasikan hidupnya untuk nge-blog, yuk kita buat dulu perencanaan yang matang agar hasilnya memuaskan :)

6 comments: