Tuesday, March 03, 2009

Mencairkan Uang di Agen Western Union

Setelah menunggu sekitar satu bulan akhirnya (Minggu, 1 Maret 2009) aku mendapat payment issue yang diterbitkan oleh Google Adsense untuk accountku. Segera kubuka halaman tersebut dan disitu tertulis Money Transfer Control Number (MTCN) yang akan digunakan sebagai nomor untuk mengambil uang di agen Western Union. Ah akhirnya bisa juga mengambil uang melalui Western Union.

Aku memang memilih untuk menerima uang menggunakan Western Union karena (yang kudengar) prosesnya cepat dan tidak dikenakan biaya tambahan.

Esoknya Senin, 2 Maret 2009 aku segera menuju ke kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Bendosari untuk mengambil uang dari Western Union. Kenapa aku memiliki BRI itu karena aku lihat ada logo Western Union di situ. Namun, sayangnya tellernya bilang kalau saat ini di sini tidak bisa karena belum online.

Tidak putus asa aku segera pergi ke Bank Tabungan Negara (BTN) Sukoharjo yang juga ada tanda Western Unionnya. Awalnya teller mengatakan bisa namun setelah bertanya ke yang mengurusi ternyata tidak bisa karena koneksi bermasalah. Pencarian berlanjut ke Bank Jateng yang terletak di depannya. Di situ juga tidak bisa (sedang ada perbaikan sistem, kata teller) padahal sudah terpampang logo Western Union di depan kantor Bank. Ia menyarankan untuk ke kantor pos saja.

Ya sudah daripada puter-puter lagi akhirnya aku ke kantor pos dan ternyata bisa. Yang ikut mengambil uang dari Western Union pun juga banyak kok, walau gak sampai antri.

Untuk mengambil uang Western Union di kantor pos Sukoharjo syaratnya cukup mudah. Aku tidak tahu apakah semua cabang kantor pos menerapkan kebijakan yang sama. Syaratnya ialah
- Membawa identitas diri asli dan fotokopi (KTP/SIM/Kartu Pelajar). Pastikan nama yang dikirimi sama dengan nama identitas.
- Membawa nomor Money Transfer Control Number (MTCN). Untuk Google Adsense dapat dilihat di bagian Payment -> Payment Issue

Setelah itu petugas akan memproses dan dalam waktu kurang dari 10 menit uang sudah ada di tangan. Semuanya ini gratis jadi kita tidak harus mengeluarkan uang sepeser pun. Tapi agar tidak 'dikibuli' sebaiknya tanya dulu ke petugasnya ada biaya tambahan apa tidak sebelum memberikan nomor MTCN. Untuk pengambilan uang Western Union sendiri seharusnya tidak dikenakan biaya tambahan. Kecuali mungkin untuk materai surat pernyataan. Tapi untuk surat ini setiap agen menerapkan standar yang berbeda-beda. Buktinya di kantor pos, surat itu tidak diperlukan.

Ada pengalaman lain seputar Western Union, bagi-bagi donk lewat komentar di bawah ini.

9 comments:

  1. it's nothing with a game gold.

    ReplyDelete
  2. infonya membantu sekali mas.
    apalagi saya yang masih duduk di bangku SMA, kan tidak memiliki ATM jadi adanya western union ini membant saya karena hanya dengan kartu pelajar saya bisa dong??

    kunjungi blog saya juga ya mas !
    http://dendendi.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. mas ni aku ada masalah karna nama contact di google adsenseku itu pakek nama "samaran" tp informasi alamat dan yang telpx udh bener..


    hehe... please minta saran tau bantuannya...

    lukmanefendik@gmail.com
    lukmanefendi.web.id
    spycer32.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. mas rmah nya mana aku jga nag skh anterin aku ambil uang donk ....nom q 085728252169

    ReplyDelete
  5. Hi, I Saw Your Link in Bing.com I Love Your Blogs Kindly See my Link
    Here a New Alternative Money Making Ad Network adsense here

    ReplyDelete
  6. Hi, I Saw Your Link in Bing.com I Love Your Blogs Kindly See my Link Here a New Alternative Money Making Network min payout of $10 only adsense here

    ReplyDelete
  7. Thanks mas infonya, di POS emang lbh cepet prosesy :D

    ReplyDelete
  8. Benarkah bisa dengan Kartu Pelajar?

    ReplyDelete