Monday, February 09, 2009

Western Union untuk Publisher Adsense Indonesia

Beberapa hari yang lalu saya menerima email dari Google Adsense yang mengatakan kalau pendapatan dari Google Adsense ini bisa diperoleh menggunakan Western Union alias WU. Hal ini tentu saja dapat memberikan alternatif bagi publisher di Indonesia mengenai bagaimana pembayaran dari Adsense akan diterima.

Selama ini publisher di Indonesia hanya diberikan pilihan untuk menerima pembayaran dalam bentuk cek. Konsekuensinya:
- Cek diterima dalam jangan waktu yang lama (sekitar 30 hari lebih)
- Pencairan cek juga memakan waktu yang lama (sekitar 30 atau sesuai dengan ketentuan setiap bank)
- Fee untuk pencairan cek yang sangat besar (biasanya lebih dari $10 atau sesuai ketentuan setiap bank)

Pengalamanku kalau earning November baru akan terima cek akhir Januari dan selesai dicairkan akhir Februari. Alamak lama sekali.

Dengan Western Union kita bisa memangkas waktu dan fee tersebut. Begitu pihak Google Adsense mengeluarkan pembayaran yang muncul dalam payment History maka pengambilan uang melalui agen Western Union sudah dapat dilakukan.

Untuk mengetahui daftar lokasi agen Western Union terdekat dapat dilakukan dengan mengunjungi halaman Agent Locator. Pilih nama negara (misalnya Indonesia) terus tulis nama kota Anda. Hasilnya akan menunjukkan daftar agen Western Union di wilayah yang Anda cari.

Sebagai informasi biasanya yang menjadi agen Western Union ialah Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Kantor Pos. Selain itu jika memilih pembayaran melalui Western Union Quick Cash maka uang harus diambil dalam waktu 60 hari setelah Google Adsense melakukan pembayaran. Jika tidak maka uang tersebut akan dikembalikan ke account Google Adsense.

Berdasarkan blognya maseko berikut beberapa hal yang perlu disiapkan untuk mengambil uang di agen Western Union.

* Kartu identitas seperti KTP, SIM, atau paspor.
* Informasi pengirim, dalam hal ini adalah Google dengan identitas: Google Inc. 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, California 94043, USA. Phone Number: 650-253-4000
* Jumlah uang yang akan diambil yang informasinya dapat ditemukan pada halaman Payment History Google Adsense.
* Kode unik MTCN sebagai nomor referensi atau kode transfer.

Setelah semua siap, selanjutnya datang langsung ke agen Western Union, membayar bea materai yang diharuskan, dan seharusnya pembayaran sudah dapat diterima pada saat itu juga.


By the way, saya sendiri sedang mencoba pilihan pembayaran melalui Western Union. Kita lihat saja nanti bagaimana hasilnya.

1 comment:

  1. to buy gaia gold facilitate comparison see everyone at any time

    ReplyDelete